Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Kamis, 03 Mei 2012

Manusia Dan TanggungJawab


Teori :
Tanggung jawab menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab timbul karena telah diterima wewenang. Tanggung jawab juga membentuk hubungan tertentu antara pemberi wewenang dan penerima wewenang. Jadi tanggung jawab seimbang dengan wewenang.
Sedangkan menurut WJS. Poerwodarminto, tanggung jawab adalah sesuatu yang menjadi kewajiban (keharusan) untuk dilaksanakan, dibalas dan sebagainya.
Dengan demikian kalau terjadi sesuatu maka seseorang yang dibebani tanggung jawab wajib menanggung segala sesuatunya. Oleh karena itu manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang dapat menyatakan diri sendiri bahwa tindakannya itu baik dalam arti menurut norma umum, sebab baik menurut seseorang belum tentu baik menurut pendapat orang lain.
Dengan kata lain, tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Artikel :
Tanggung Jawab Negara soal TKI Harus Dipilih
Kristian Ginting
Liputan6.com, Jakarta: Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI Ade Adam Noch mengatakan, tak semua peristiwa kekerasan yang menyebabkan kematian Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri menjadi tanggung jawab negara.
Sebab, menurut Ade, TKI yang bekerja di luar negeri itu harus dipilah-pilah berdasarkan dokumentasi dan yang tak memiliki dokumentasi. Namun,mengenai kematian tiga TKI yang di Malaysia akibat ditembak polisi Malaysia, ia memprotes keras.
"Apapun itu, kita lakukan protes keras terhadap kejadian itu. Kita tidak bisa terima penembakan itu," kata Ade di DPD, Jakarta, Jumat (27/4). Menurut Ade, peristiwa kematian TKI itu kini menjadi urusan Kementerian Luar Negeri.

Pasalnya, kemenlu merupakan perwakilan pemerintah di luar negeri atau Malaysia. Pihaknya cuma bisa melakukan koordinasi untuk saling mendukung. "Kalau terbukti melanggar HAM dan hukum itu wewenang Kemenlu," katanya.
Sedangkan, Ketua Komisi IX, Ribka Tjiptaning tak setuju dengan adanya pemilihan terhadap TKI atas legal dan tidak legal. Sebab, hasil kunjungannya ke lapangan banyak TKI itu mengaku memiliki dokumen.
Tetapi, dokumen mereka itu dipalsukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. "Contohnya ketika saya berkunjung ke satu daerah. Di sana ada anak yang lulusan SMA tetapi oleh pengirimnya dipalsukan menjadi SD. Ini kan tidak benar," kata dia.
Itu sebabnya, menurut Ribka, tak relevan lagi mendebatkan soal memiliki dokumen atau tidak. Menurutnya, pemerintah berkewajiban melindungi segenap warganya di manapun mereka berada. "Termasuk TKI di luar negeri," katanya.(MEL)
Pendapat :
Menurut pendapat saya tanggung jawab merupakan rasa yang timbul dari dalam diri seseorang akan hal yang di amanahkan. Seseorang yang mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi sangat dibutuhkan dalam segala pekerjaan. Di zaman sekarang sangatlah susah mencari orang yang mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi.
Seperti artikel yang saya kutip di atas, tanggung jawab pemerintah terhadap kesejahteraan tki-tki Indonesia yang berada di luar negri sungguh sangat memperihatinkan, sudah banyak tki Indonesia yang berkorban nyawa di negeri orang, akan akant tetapi pemerintah tidak melakukan tindakan yang berarti kepada Negara yang telah melakukan penghinaan seperti itu.
Baru-baru ini 3 tki Indonesia tewas di tembak polisi oleh polisi malaisya, apapun yang dilakukan oleh ketiga tki tersebut, kita harus melakukan tindakan yang keras terhadap pemerintahan malaisya, karena tindakan tersebut sama saja menghina warga Indonesia. Tki yang di sebut pahlawan devisa di karenakan sebagai penyumbang devisa terbesar sepatutnya harus diperhatikan oleh pemerintah, jangan hanya kewajibannya saja yang di tuntut tetapi hak-haknya sebagai manusia sekaligus warga Negara Indonesia juga harus diperhatikan betul-betul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar